Free paper oral presentation

Room 1

ekaKuala Lumpur – Eka Yoshida Syukri dari United Nation University – International Institute for Global Health membuka presentasi paper di ruang 1 dengan topik dampak implementasi casemix dalam pengurangan biaya dalam skema asuransi di rumah sakit pendidikan di Indonesia. Studi yang dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta ini menganalisis perbedaan biaya antara metode pembayaran casemix dan fee-for-services. Berdasarkan studi ini diketahui bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada biaya human resources, stationery, dan billing delivery antara metode pembayaran casemix dan fee-for-services. Biaya human resources diketahui lebih rendah 2,5 kali lipat pada metode pembayaran casemix dibandingkan dengan fee-for-services. Sedangkan biaya stationery dan billing delivery diketahui lebih rendah masing-masing 1,5 dan 1,2 kali lipat pada metode pembayaran casemix dibandingkan fee-for-services. Secara umum, disimpulkan bahwa pasien yang membayar dengan mtode casemix membayar 23,2% lebih rendah dibandingkan pasien yang membayar dengan metode fee-for-services.

sitiPresentasi kedua dibawakan oleh Siti Khadijah Nasution dari Universitas Gadjah Mada, Indonesia dengan topik Apakah Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mampu meningkatkan keadilan utilisasi pada penolong persalinan terlatih di Indonesia. Studi data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2012-2016 ini menganalisis ketimpangan distribusi penolong persalinan terlatih di Indonesia. Berdasarkan studi ini diketahui bahwa hingga tahun 2016, distribusi penolong persalinan terlatih di Indonesia bagian Timur masih lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia bagian Barat. Selain itu, persalinan dengan tenaga kesehatan terlatih juga diketahui lebih tinggi di kawasan perkotaan dibandingkan dengan pedesaan. Faktor yang mempengaruhi persalinan dengan tenaga kesehatan terlatih yaitu kepemilikan asuransi, kondisi geografis, tingkat Pendidikan dan sosioekonomi. Kondisi ini akan membaik apabila dilakukan peningkatan ketersediaan sisi suplai, audit kepesertaan penerima bantuan iuran, serta meningkatkan level Pendidikan dan sosioekonomi.

Presentasi ketiga disajikan oleh Erwin Purwaningsih dari Universitas Gadjah Mada, Indonesia dengan topik kontribusi pemerintah daerah dalam mendukung pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di Kalimantan Timur. Studi yang dilakukan mendeskripsikan upaya pemerintah daerah dalam mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan JKN. Berdasarkan studi ini, diperoleh informasi bahwa terdapat peran pemerintah daerah dalam mendorong pencapaian target kepesertaan JKN di Kalimantan Timur, yaitu integrasi Jamkesda-JKN. Meskipun demikian, ternyata proses integrasi ini belum optimal mengingat target yang ditetapkan belum tercapai.

Presentasi keempat dibawakan oleh Yin New Aung dari International Centre for Casemix and Clinical Coding, Fakultas Kedokteran Universitas Kebangsaan Malaysia tentang Determinant Length of Stay (LOS) di Intensive Care Unite (ICU) di Rumah Sakit Pendidikan di Malaysia. Studi yang dilakukan menganalisis data ICU mulai Januari 2013 hingga Desember 2015. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa usia dan jenis kelamin tidak berkontribusi terhadap lamanya LOS di ICU. Faktor yang berkontribusi terhadap lamanya LOS yaitu kondisi medis, dan kasus obstetri.

Presentasi kelima disajikan oleh Viera Wardhani dari Universitas Brawijaya Indonesia tentang progress dan determinan akreditasi rumah sakit di Indonesia. Studi yang dilakukan dengan menganalisis tren akreditasi rumah sakit selama 2012 – 2017. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat penurunan yang besar jumlah rumah sakit yang terakreditasi di tahun 2013 dibandingkan tahun 2012. Jumlah rumah sakit terakreditasi meningkat secara perlahan dimulai tahun 2014. Faktor determinannya adalah implementasi JKN yang mengharuskan setiap rumah sakit terakreditasi dan beradaptasi sesuai standar internasional di tahun 2013.

labangPresentasi keenam disaikan oleh Labasangzhu dari Tibet University Medical College tentang progress dan hambatan dalam peningkatan kualitas kesehatan ibu di Tibet. Penelitian ini menghasilkan informasi tentang peningkatan pelayanan rujukan mulai tahun 2000 hingga 2017 sekitar 70% dan mempengaruhi penurunan kematian ibu dari 466 ke 100 per 100.000 kelahiran.

Presentasi ketujuh disampaikan oleh Fury Maulina dari Universitas Malikussaleh, Nanggroe Aceh Darussalam mengenai kompetensi manajemen dokter yang ditempatkan di daerah terpencil. Penelitian ini menghasilkan informasi tentang skill komunikasi dan kepedulian terhadap hak-hak pasien adalah kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dokter dan manager di daerah terpencil..

Reportase oleh: Dedik Sulistiawan

 

Reportase Terkait: