Unand Tuan Rumah Forum Kebijakan Kesehatan Indonesia

Universitas Andalas (Unand) Padang menjadi tuan rumah pertemuan ilmiah Forum Kebijakan Kesehatan Indonesia, 24-27 Agustus 2015.

"Forum ini mempertemukan berbagai peneliti bidang kesehatan dari nasional maupun internasional untuk mengkaji berbagai masalah terkini dalam bidang tersebut dan mencarikan solusinya," kata Ketua Panitia Penyelenggara Rizanda Machmud, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan forum ini merupakan yang keenam setelah digelar di UI, Unhas, Unair, Universitas Cendana, dan Unpad.

Berkaca dari forum sebelumnya kata dia, pada yang keenam ini mengambil tema Upaya Pencapaian "Universal Health Coverage" atau UHC 2019 dalam hal manfaat, kendala dan harapannya.

Dalam forum ini dibahas mengenai proyeksi program jaminan kesehatan nasional baik dari sisi pesimis maupun optimis.

Untuk mengumpulkan bahan solus , kata Rizanda, semua peneliti a memaparkan hasil temuan yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

Seminar forum tersebut diikuti oleh 450 peserta dengan lebih 90 buah makalah.

"Selain mendapat perhatian dari peneliti nasional, asing pun ikut serta dalam pemecahan masalah tersebut," imbuhnya.

Salah satu peserta asing yang ikut dalam forum ini yakni perwakilan berasal dari AIPHSS Australia.

Di samping itu forum ini juga mempertemukan para pakar, pemangku kepentingan dan instansi yang bergerak dalam bidang kesehatan.

Terutama kementerian kesehatan, dinas kesehatan dan para pelaku yang bergerak dalam program JKN tersebut.

"Kami berharap forum ini bisa melengkapi kekurangan hasil dari forum sebelumnya sekaligus mendapatkan solusi yang tepat untuk JKN tersebut," ucapnya.

Sementara itu rektor Unand Prof Werry Darta Taifur mengapresiasi adanya penyelenggaraan forum kesehatan di Universitasnya.

Hal ini menurutnya dapat meningkatkan peranan para akademisi kesehatan Unand dalam mengoptimalkan program kerja pemerintah. (*)

sumber: http://sumbar.antaranews.com/