Menkes Akui Pelayanan di Banyak RS Belum Optimal

Medan - Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek mengakui pelayanan di banyak rumah sakit di Indonesia belum optimal. Jadi, Nila mengatakan perbaikan pelayanan rumah sakit harus segera dilakukan.

"Masyarakat menganggap tiap rumah sakit belum maksimal melayani pasien dan ini harus diakui, dan untuk ke depan pelayanan adalah salah satu yang harus difokuskan," kata Nila saat mengunjungi RSUD dr Pirngadi Medan, Senin 13 Agustus 2018.

Nila mencanangkan tatanan pelayanan kesehatan khususnya pada tiap rumah sakit di 2019 mendatang. Sehingga dari sekarang tiap rumah sakit sudah harus melakukan pelayanan sebaik-baiknya.

Apalagi menurutnya rumah sakit mempunyai peranan yang sangat penting termasuk tentang JKN dan fasiltas rumah sakit itu sendiri.

"Oleh karena itu, saya mengharapkan rumah sakit Pirngadi ini akan menjadi rumah sakit yang didatangi orang dengan harapan memberi pelayanan terbaik," ujarnya.

Di Sumut, masih banyaknya masyarakat yang berobat ke negara tetangga seperti Malaysia juga menjadi perhatian Menkes. Padahal menurutnya, untuk tenaga medis di Medan tidak kalah dengan tenaga medis yang ada di negara tetangga.

"Karena itu terkait masyarakat yang masih berobat ke negara tetangga ini harus menjadi perhatian Pak Walikota. Kenapa masyarakat lebih memilih rumah sakit yang ada di negara tetangga," pungkasnya.

Selain itu, lanjut Menkes, rumah sakit milik Pemko Medan ini sedang merencanakan untuk menjadi rumah sakit pusat kanker, sehingga harus lebih serius dalam menuju rumah sakit yang lebih baik.

"Kita berharap, dengan diplaningkannya rumah sakit ini menjadi rumah sakit pusat kanker, maka tidak ada lagi masyarakat yang berobat keluar negeri," bebernya.

sumber: http://news.metrotvnews.com/read/2018/08/13/914988/menkes-akui-pelayanan-di-banyak-rs-belum-optimal