Kerangka Acuan Kegiatan

Evaluasi Kebijakan JKN Tahun 2018 – 2019
Menggunakan Pendekatan Realist Evaluation

PKMK FKKMK UGM

Pertemuan ke-5:

  1. Perumusan Metode Pengumpulan Data dan Analisis Untuk Theory Testing dalam Realist Evaluation.
  2. Sesi 1 Penulisan Proposal Evaluasi JKN dengan Pendekatan Realist Evaluation.

  Latar Belakang

Realist evaluation yang diperkenalkan oleh Pawson dan Tilley (1997) merupakan bentuk evaluasi berbasis teori, berdasarkan pada filosofi sains realis yang membahas pertanyaan apa yang berhasil, untuk siapa, dalam keadaan apa, dan bagaimana dilakukan. Pendekatan ini merupakan cara evaluasi implementasi kebijakan yang dirancang untuk menangkap aspek-aspek yang terjadi di lapangan. Realist evaluation semakin banyak digunakan dalam penelitian kesehatan dan penelitian evaluasi lainnya. Asumsi yang dibangun dalam realist evaluation adalah bahwa program merupakan jelmaan dari teori. Artinya, setiap kali sebuah program dirancang dan diimplementasikan, akan selalu dipengaruhi oleh satu atau lebih teori tentang apa yang mungkin menyebabkan perubahan, meskipun teori tersebut tidak disebutkan secara eksplisit.

Pendekatan realist evaluation mensyaratkan bahwa teori-teori yang mendasari program dituangkan dalam hipotesis yang jelas tentang bagaimana, untuk siapa, sampai sejauh mana, dan dalam konteks apa sebuah program mungkin bekerja (menyebabkan perubahan). Evaluasi program yang dilakukan ditujukan untuk menguji dan memperbaiki hipotesis tersebut. Data yang dikumpulkan dalam realist evaluation yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain dampak dan proses implementasi program, konteks yang mungkin berdampak pada outcome, serta mekanisme tertentu yang mungkin menciptakan perubahan. Mengingat data yang diperlukan memiliki jangkauan yang luas, maka metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut juga dapat bervariasi. Metode pengumpulan data yang dipilih diharapkan cukup adekuat sehingga mampu menangkap intended dan unintended outcome serta interaksi C-M-O yang menyebabkannya. Selain itu, bagaimana data mampu digunakan untuk mengembangkan, mendukung, menyangkal, maupun memperbaiki teori juga penting untuk dijelaskan dalam rencana analisis.

Webinar realist evaluation pada pertemuan kelima ini membahas bagaimana metode pengumpulan data dan analisis untuk theory testing dalam realist evaluation dirumuskan. Selain itu, juga akan diselenggarakan pula sesi 1 penulisan proposal evaluasi JKN dengan pendekatan realist evaluation sebagai langkah awal dalam menyusun proposal. Adapun proposal evaluasi JKN menggunakan pendekatan realist evaluation dibagi ke dalam 3 kelompok sebagai berikut:

  1. Kelompok Outcome Tata Kelola/ Governance
  2. Kelompok Outcome Keadilan Sosial
  3. Kelompok Outcome Mutu/ Kualitas

Harapannya, dengan mengikuti kegiatan ini peserta webinar memahami metode pengumpulan data dan analisis untuk theory testing dalam penelitian evaluasi kebijakan JKN menggunakan pendekatan realist evaluation. Selain itu, diharapkan pula peserta webinar turut berkontribusi dalam penulisan proposal evaluasi dengan cara memilih minimal salah satu kelompok outcome.

  Tujuan

Diskusi yang dikemas dalam bentuk webinar ini bertujuan untuk mengundang wakil dari:

  1. Perguruan tinggi kesehatan, kedokteran, dan/atau ilmu sosial dan ilmu politik
  2. Lembaga penelitian kesehatan dan kebijakan publik

untuk melakukan penyusunan proposal evaluasi kebijakan JKN menggunakan pendekatan realist evaluation.

  Tempat dan Jadwal

Diskusi diselenggarakan melalui webinar pada 24 April 2018 di Laboratorium Leadership, Gedung IKM Lantai 3 Pukul 10.00 – 11.30 WIB. Adapun rundown acara adalah sebagai berikut.

Waktu Materi Narasumber
10.00 – 10.10 Wib Pembukaan Moderator: Dedik sulistyawan
10.10 – 10.30 Wib

Perumusan Metode Pengumpulan Data dan Analisis Untuk Theory Testing dalam Realist Evaluation

materi

Tiara Marthias
10.30 – 10.45 Wib

Sesi 1 Penulisan Proposal Evaluasi JKN dengan Pendekatan Realist Evaluation

materi

Prof. Laksono Trisnantoro
10.45 – 11.30 Wib Diskusi Moderator: Dedik sulistyawan
11.30 Wib Penutupan Moderator: Dedik sulistyawan

reportase

Apabila peserta berhalangan mengikuti webinar, seluruh materi kegiatan sebelumnya dapat dipelajari di http://bit.ly/MonevJKN2018 

Atau menghubungi narahubung di bawah ini:

Maria Adelheid Lelyana
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telp.: (0274) 549425
HP: +6281329760006

Dedik Sulistiawan
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
HP: +6285736810190