Kerangka Acuan Kegiatan

Evaluasi Kebijakan JKN Tahun 2018 – 2019
Menggunakan Pendekatan Realist Evaluation

PKMK FKKMK UGM

Pertemuan ke-6:

  1. Sesi 2 Penulisan Proposal Evaluasi JKN dengan Pendekatan Realist Evaluation.

  Latar Belakang

Realistevaluation yang diperkenalkan oleh Pawson dan Tilley (1997) merupakan bentuk evaluasi berbasis teori, berdasarkan pada filosofi sains realis yang membahas pertanyaan apa yang berhasil, untuk siapa, dalam keadaan apa, dan bagaimana dilakukan. Pendekatan ini merupakan cara evaluasi implementasi kebijakan yang dirancang untuk menangkap aspek-aspek yang terjadi di lapangan. Realistevaluationsemakin banyak digunakan dalam penelitian kesehatan dan penelitian evaluasi lainnya.Asumsi yang dibangun dalam realistevaluationadalah bahwa program merupakan jelmaan dari teori. Artinya, setiap kali sebuah program dirancang dan diimplementasikan, akan selalu dipengaruhi oleh satu atau lebih teori tentang apa yang mungkin menyebabkan perubahan, meskipun teori tersebut tidak disebutkan secara eksplisit.

Pendekatan realistevaluation mensyaratkan bahwa teori-teori yang mendasari program dituangkan dalam hipotesis yang jelas tentang bagaimana, untuk siapa, sampai sejauh mana, dan dalam konteks apa sebuah program mungkin bekerja (menyebabkan perubahan). Evaluasi program yang dilakukan ditujukan untuk menguji dan memperbaiki hipotesis tersebut. Data yang dikumpulkan dalam realistevaluationyang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain dampak dan proses implementasi program, konteks yang mungkin berdampak pada outcome, serta mekanisme tertentu yang mungkin menciptakan perubahan. Mengingat data yang diperlukan memiliki jangkauan yang luas, maka metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut juga dapat bervariasi. Metode pengumpulan data yang dipilih diharapkan cukup adekuat sehingga mampu menangkap intendeddan unintendedoutcome serta interaksi C-M-O yang menyebabkannya. Selain itu, bagaimana data mampu digunakan untuk mengembangkan, mendukung, menyangkal, maupun memperbaiki teori juga penting untuk dijelaskan dalam rencana analisis.

Webinar realist evaluation pada pertemuan keenam inimerupakansesi 2 penulisan proposal evaluasi JKN dengan pendekatan realistevaluation. Adapun proposal evaluasi JKN menggunakan pendekatan realistevaluationdibagi ke dalam 3 kelompok sebagai berikut:

  1. Kelompok Outcome Tata Kelola/ Governance
  2. Kelompok Outcome Keadilan Sosial
  3. Kelompok OutcomeMutu/ Kualitas

Harapannya, dengan mengikuti kegiatan ini peserta webinarturut berkontribusi dalam penulisan proposal evaluasi dengan cara memilih minimal salah satu kelompok outcome.

  Tujuan

Diskusi yang dikemas dalam bentuk webinar ini bertujuan untuk mengundang wakil dari:

  1. Perguruan tinggi kesehatan, kedokteran, dan/atau ilmu sosial dan ilmu politik
  2. Lembaga penelitian kesehatan dan kebijakan publik

untuk melakukan penyusunan proposal evaluasi kebijakan JKN menggunakan pendekatanrealistevaluation.

  Tempat dan Jadwal

Diskusi diselenggarakan melalui webinar pada 9Mei 2018 di Laboratorium Leadership, Gedung IKM Lantai 3 Pukul 13.00– 15.00 WIB. Adapun rundownacara adalah sebagai berikut.

Waktu

Durasi

Materi

Narasumber

13.00 – 13.10

10’

Pembukaan

Moderator: Dedik Sulistiawan

13.10 – 13.45

35’

Update Topik Tata Kelola

Fasilitator: M. FaoziKurniawan

13.45 – 14.15

35’

Update TopikKeadilanSosial

Fasilitator: Dedik Sulistiawan

14.15 – 14.45

35’

Update TopikMutuLayanan

Fasilitator: Budi EkoSiswoyo

14.45

Penutupan dan RencanaTindakLanjut

Moderator: Dedik Sulistiawan

Rekaman webinar

Apabila peserta berhalangan mengikuti webinar, seluruh materi kegiatan sebelumnya dapat dipelajari di http://bit.ly/MonevJKN2018.

Atau menghubungi narahubung dibawah ini:
Maria Adelheid Lelyana
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telp.: (0274) 549425
HP: +6281329760006

Dedik Sulistiawan
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
HP: +6285736810190