Modul 1 Memahami Penelitian Kebijakan

  PENGANTAR

Modul ini dibuat untuk mengenalkan peserta pelatihan mengenai bagaimana memulai kegiatan penerapan metode ilmiah, dalam mengkaji suatu fenomena baik alam maupun sosial, yang timbul saat implementasi atau proses suatu kebijakan. Modul ini memang lebih khusus disajikan untuk para individu yang berminat mendalami ilmu kebijakan publik, dan sebagai akademisi atau analis kebijakan publik sangat penting memahami sebuah informasi dan data. Hal tersebut sangat berguna dalam memecahkan masalah yang mungkin akan selalu timbul dalam proses pembentukan maupun pelaksanaan kebijakan publik. Modul ini dirasa masih memiliki keterbatasan untuk menambah khasanah mengenai riset kebijakan, maka dianjurkan kepada peserta untuk menambah referensi-referensi yang berkaitan, dan dapat didiskusikan saat kegiatan pelatihan berlangsung.

  TUJUAN

Setelah mempelajari modul ini peserta diharapkan:

  1. Mampu memahami ciri khas riset kebijakan dengan riset lainnya
  2. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur dalam riset kebijakan, seperti menentukan topik, merumuskan masalah penelitian, metode penelitian, membangun teori, hipotesis dan model, menentukan bentuk data dan skala pengukuran, serta analisis data.
  3. Mampu mendemonstrasikan pemahaman mengenai metode- metode dan Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dalam instrumen berbagai pendekatan ilmiah

  MATERI

modul pembelajaran    materi presentasi    video