Diskusi tentang masalah kebijakan - Minat FETP

Di akhir pembahasan ada pernyataan mengenai masalah kebijakan. Masalah-masalah yang ada dapat dikelompokkan menjadi 2 hal besar yaitu:

  1. Proses penyusunan kebijakan JKN sebagai kebijakan public yang besar terlihat didominasi oleh kekuatan politik, dan tidak banyak melibatkan stakeholder teknis seperti IDI, PERSI, dan pihak akademisi. Aspek teknisnya terlihat kurang dipersiapkan dengan evidence yang tidak jelas.
  2. Proses penyusunan 2 UU (JKN dan BPJS), dipandang dari waktunya relative memakan waktu sangat lama dan ada kesan dipaksakan. Terlibat bahwa prosesnya tidak ideal.

Silahkan anda memberi komentar dibawah atau tambahan untuk masalah kebijakan yang ada di balik Kasus tersebut.

Comments  

# Heriyanto G Lumeling 2016-10-17 08:25
Yth. Prof.dr.Laksono Trisnantoro,MSc,Ph.D
Mohon Ijin Untuk Berdiskusi,

Melihat kembali sejarahnya pembentukan SJSN terkesan terburu-buru diakhir pemerintahan Presiden Ke-5 Indonesia. Sementara dalam pemerintahaan Presiden Ke-6 Indonesia, BPJS seolah-olah dipaksakan sehingga menjadi polemik dimasyarakat hingga saat ini.
Hal ini merupakan masalah yang sangat-sangat serius, yang terletak pada perumusan kebijakan kesehatan. Alasanya
PERTAMA Era Presiden Ke-5 Indonesia pembentukan SJSN pada saat itu sebagai Pencitraan Diri, hal ini terlihat pembentukan SJSN pada akhir masa priode pemerintahan. Tepatlah peribahasa ini “maksud hati memeluk gunung tapi, apa daya tangan tak sampai” artinya kebijakan yang dikeluarkan saat itu hanya untuk menaikan popularitas semata(dalam pilpres). Hingga akhirnya meninggalkan sejuta polemik dimasyarakat dan dampaknya terasa pada kaum menengah ke bawah(masyarakat tidak mampu)

KEDUA Era Presiden Ke-6 Indonesia pembentukan BPJS terlihat jelas DIPAKSAKAN. Entah pemikiran dari mana Policy Elites saat itu, tidak melibatkan IDI, PERSI, dan Kalangan akdemisi yang termasuk dalam Policy Makers. Dari hal ini dapat dilihat Ketidak Mampuan para pembuat kebijakan di tingkat atas (Kementerian Terkait), terutama dalam perencanaan dan analisis situasi yang memerlukan waktu sangat lama. Ketidak mampuan para Policy Elites berdampak pada permasalahan BPJS sampai saat ini.

Salam Gadjah Mada Muda
Reply

Add comment

Security code
Refresh