Januari / Februari / Maret / April / Mei / Juni / Juli / Agustus / September / Oktober / November / Desember / Kesimpulan

September 2014

Pada bulan ini banyak diselenggarakan kegiatan. Kegiatan pertama adalah Bedah Buku: Evidence-Based Practice, Menjembatani Kesenjangan antara Penelitian dan Praktik dalam Pelayanan Kesehatan . Buku ini merupakan karya Prof. dr. Moh. Hakimi, Sp.OG(K) PhD. Latar belakang penyusunan buku ini ialah penulis berharap dokter dapat memberikan bukti terbaik untuk pertanyaan klinis atau evidence based, pembahas: dr Mubasysyr Hasanbasri, MA.

Selengkapnya silakan simak melalui link berikut klik disini



Prof. Ali Ghufron Mukti

Kegiatan kedua bulan ini adalah Seminar "Tantangan Pelaksanaan dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Primer dan BPJS" yang diselenggarakan JEN, PDKMI dan Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, di Jakarta, Sabtu 6 September 2014.

Tampil sebagai pembicara yaitu Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Prof Ali Ghufron Mukti dan anggota Komisi IX dari PDI-P, dr Surya Chandra Suropaty. Pelayanan kesehatan primer yang menitikberatkan pada promosi dan preventif dipertanyakan kalangan dokter muda.

kegiatan selengkapnya



Kegiatan ketiga pada bulan ini adalah Lokakarya Penguatan Sistem Kesehatan Mental Masyarakat. Lokakarya terkait kesehatan mental diselenggarakan di Fakultas Psikologi, UGM pada 8-9 September 2014. Peserta yang hadir berasal dari berbagai pihak, antara lain dekan, pengajar di bidang psikiatri, kedokteran dan psikologi. Selain itu, hadir pula dokter, klinisi, psikolog, perawat dan lain-lain.

kegiatan selengkapnya



Sesi Pembukaan Forum Nasional V JKKI

Kegiatan keempat bulan ini adalah Forum Nasional V Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia di Bandung2014 Trans Luxury Hotel Bandung & UNPAD pada 24-26 September 2014. Forum Nasional Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia adalah suatu jembatan penyambung berbagai pemangku kepentingan dalam kebijakan kesehatan di Indonesia. Mereka yang bergabung : para peneliti, akademisi, pemerhati, praktisi kebijakan, kelompok masyarakat, wakil rakyat, birokrat, pengamat dari berbagai profesi dan lembaga. Forum ini telah 4 kali digelar, setiap tahun berturut-turut di Jakarta (UGM), Makasar (Unhas), Surabaya (Unair) dan Kupang (Universitas Nusa Cendana). Pada tahun 2014 ini kota Bandung mendapat giliran dengan Fakultas Kedokteran Unpad sebagai tuan rumah. Tahun 2014 merupakan tahun stratejik karena bertepatan dengan perubahan politik yang terjadi di negara ini.

Tema tahun ini adalah "Monitoring Pelaksanaan Kebijakan Jkn Di Tahun 2014 : Kendala, Manfaat Dan Harapannya". Dengan sub tema: "Tantangan Kebijakan Kesehatan dalam Pemerataan Kesehatan di Era Sistem Jaminan Kesehatan Nasional dan Masih Tingginya Hambatan dalam Pencapaian MDG 4, 5 dan 6".

Kelompok-kelompok kebijakan kesehatan yang akan berkumpul merupakan kelompok yang sudah lebih dahulu berkembang dalam forum sebelumnya serta kelompok baru tahun ini : (1) Kebijakan Kesehatan Ibu dan Anak; (2). Kebijakan Pembiayaan Kesehatan; (3).Kebijakan HIV/ AIDS; (4). Kebijakan Kesehatan Jiwa; (5) Kebijakan lain–lain.

kegiatan selengkpanya



Kegiatan kelima bulan ini yang merupakan kegiatan internasional adalah Third Global Symposium on Health Systems Research, 30 September - 3 Oktober 2014Cape Town, Afrika Selatan. Beberapa hari setelah Forum Nasional V Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia, di Cape Town Afrika Selatan, diselenggarakan Third Global Symposium on Health Systems Research. Pertemuan ini merupakan yang ketiga setelah di Montreux (2010), dan Beijing (2012). PKMK FK UGM terlibat selama tiga kali pertemuan dengan mengikuti secara aktif. Forum ini memang menjadi acuan utama kegiatan pengembangan penelitian kebijakan dan sistem kesehatan di dunia. Misi Simposium Health Systems Global adalah untuk mengumpulkan peneliti, pengambil kebijakan, dan pelaksana kegiatan di seluruh dunia untuk mengembangkan penelitian sistem kesehatan dan menggunakan kapasitas bersama untuk menciptakan, berbagi, dan menerapkan pengetahuan untuk memperkuat sistem kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat mencapai visi dimana masyarakat, peneliti dan pengambil kebijakan global dapat saling terhubung sehingga dapat menyumbang ke status kesehatan yang lebih baik, keadilan yang lebih baik, dan juga kesejahteraan yang meningkat. Tema Simposium ke-3 adalah Science and practice of people-centred health system.

kegiatan selengkapnya

Ada empat regulasi yang disahkan pada bulan September 2014, silakan klik link berikut lampiran