Beberapa hal ini merupakan masalah kebijakan di balik kasus 3

  1. Kasus ini merupakan sebuah contoh Kebijakan Pendidikan Kedokteran yang mempunyai pertentangan antar stakeholder sejak mulai dari Penyusunan Agenda sampai ke pasca pengesahan UU.
  2. RUU Pendidikan Kedokteran merupakan inisiatif DPR. Dalam prosesnya terlihat sikap dan koordinasi berbagai lembaga pemerintah yang belum baik dalam menyusun UU.
  3. Kasus ini menunjukkan adanya taktik dan strategi kelompok interest yang tidak tepat, yang terkait erat dengan aspek kekuasaan dalam menentukan kebijakan

 

Comments  

# Surahyo Sumarsono 2016-09-05 02:43
Menurut saya, masalah kebijakan di UU Pendidikan Kedokteran ini sangat menarik karena diinisiasi oleh DPR dengan pak Mahyudin dari Partai Demokrat dan pak Heri Akhmadi dari PDI Perjuangan dan pada awalnya justru ditentang oleh dua organisasi penting di dunia kedokteran yaitu Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena masalah perbedaan pemahaman.

Selain itu, peran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Menristekdikti) sebagai pihak eksekutif belum berjalan dengan baik di fase awal.
Reply

Add comment

Security code
Refresh