Ini Macam-macam Kendala Untuk Perangi Diabetes Di Indonesia

Upaya untuk mengendalikan penyakit diabetes saat ini secara umum masih menghadapi beberapa tantangan.

Menurut Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Achmad Rudijanto terdapat berbagai kendala akses pelayanan kesehatan dengan sistem Jaminan Kesehatan Nasional dan masih banyaknya tenaga kesehatan yang kurang terlatih sehingga belum bisa mengimbangi peningkatan yang terjadi pada penyandang diabetes.

"Pada strategi pelayanan kesehatan bagi penyandang diabetes, peran dokter umum menjadi sangat penting sebagai ujung tombak di pelayanan kesehatan primer. Penyandang diabetes harus diedukasi agar dapat mengelola diri sendiri dengan baik karena hal ini merupakan salah satu kunci kesuksesan program pengendalian diabetes," katanya.

PERKENI sendiri merupakan salah satu lembaga yang terlibat dalam program Patrnership in Diabetes Control in Indonesia (PDCI) yang diselenggarakan bersama Sanofi Group dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

PDCI adalah program pelatihan peningkatan kapasitas bagi 5.000 dokter umum dan 500 internis di Indonesia dalam kurun waktu lima tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam tata laksana penyakit diabetes guna mengendalikan laju angka diabetes di Indonesia.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2012 – 2015 ini, program PDCI telah dilaksanakan dalam lima gelombang dengan 33 kali pelatihan. Dari pelatihan tersebut, sebanyak 2.500 dokter umum dan 300 internis berhasil dilatih dalam hal diagnosa dan tata laksana diabetes.

"Nantinya program ini akan terus berlanjut dan diharapkan tidak hanya tercetak ribuan dokter umum, ratusan dokter ahli penyakit dalam dan puluhan konsultan tetapi terus meningkat diperiode selanjutnya," ujar Achmad.

sumber: http://lifestyle.bisnis.com/