Reportase Knowledge Event Sistem Kesehatan dan Ketahanan Masyarakat: Pelajaran dari Pandemi Covid-19

Senin, 4 Desember 2023

4des 1

Asia Pacific Network for Health Systems Strengthening (ANHSS) di Rumah Sakit Prince of Wales, Shatin, Hong Kong pada 4 Desember 2023, menyelenggarakan Knowledge Event yang bertajuk “Sistem Kesehatan dan Ketahanan Masyarakat: Pelajaran dari Pandemi COVID-19”. Kegiatan ini bertujuan untuk berdiskusi dengan para pembuat kebijakan utama dan akademisi yang bekerja dalam respons pandemi dari negara-negara di Kawasan Asia-Pasifik. Rangkaian Knowledge Event ini terdiri dari pembukaan, presentasi Pemantik, pleno pagi, pleno sore dan presentasi poster.

Pembukaan dari Knowledge Event disambut oleh Profesor EK Yeoh selaku Direktur, Pusat Penelitian Sistem dan Kebijakan Kesehatan, Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Perawatan Primer JC, The Chinese University of Hong Kong dan Profesor Chung-mau LO, BBS, JP (tbc) selaku Sekretaris Kesehatan, Biro Kesehatan, HKSAR untuk membuka seluruh rangkaian kegiatan.

4des 2Keynote Presentation

Kemudian Knowledge Event dimulai dengan presentasi pemantik oleh Dr Ronald Lam, JP selaku Direktur Kesehatan, Departemen Kesehatan, HKSAR. Presentasi ini membahas tentang Sistem Kesehatan dan Ketahanan Masyarakat di Hong Kong. Ronald berbagi pengalaman bahwa Hong Kong selama pandemi COVID-19, otoritas kesehatan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan lokal dan internasional komunitas untuk memperkuat ketahanan dan kapasitas dalam penanganan. Landasan utama anti-epidemic di Hong Kong menggunakan pendekatan pengetahuan dan pendekatan hukum dengan target tertentu. Untuk mencapai itu Hong Kong melakukan peningkatan kapasitas kesehatan masyarakat, menyesuaikan strategi komunikasi risiko untuk mendorong dukungan dan stabilitas masyarakat, memanfaatkan public-private partnership, mobilisasi tenaga kerja dan sumber daya. Strategi ketahanan ini di Hong Kong juga didukung dengan kecanggihan teknologi secara luas di masyarakat.

video

 

Pleno Pagi 1

Kesiapsiagaan, Kesiapan, Tanggapan, dan Pemulihan Sistem Kesehatan dalam Pandemi COVID-19

4des 3Pada pleno pagi, terdapat empat pembicara yang akan mengajak peserta berdiskusi. Pertama ialah Profesor EK Yeoh selaku Direktur, Pusat Penelitian Sistem dan Kebijakan Kesehatan, Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Perawatan Primer JC, The Chinese University of Hong Kong. Professor EK Yeoh menyampaikan tentang Kesiapsiagaan, Kesiapan, Tanggapan, dan Pemulihan Sistem Kesehatan dalam Pandemi COVID-19. Materi disampaikan berkaitan dengan hasil studi dengan kerangka sistem deteksi dini, asesmen, dan respons (S-EDAR) di Hong Kong, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, dan Shanghai China selama menangani pandemi COVID-19.

Studi ini menemukan bahwa S-EDAR di Hong Kong telah dirumuskan dan disusun dengan empat sesi yakni rencana kesiapsiagaan, operasional kesiapsiagaan, sistem respons dan pemulihan rencana kesiapsiagaan. Kerangka kerja S-EDAR yang disempurnakan ini akan menjadi sistem evolusioner yang kuat untuk memungkinkan kesiapsiagaan, kesiapan operasional, respons tepat waktu untuk memperkuat sistem kesehatan dan ketahanan masyarakat terhadap pandemi di masa depan.

video

 

 

 

Informasi Kursus

Untuk mendapatkan sertifikat dapat dilakukan dengan mengikuti ujian secara Online pada Januari 2024. Biaya sebesar Rp. 2.500.000,-  / Kelompok (tiap kelompok maksimal 5 orang)

 

Reporter:

Likke Prawidya Putri (HPM FK-KMK UGM)
Tri Muhartini (PKMK FK-KMK UGM)