Hari 1 Sesi Poster

photobankok2Suasana di salahsatu area pameran poster

Setelah makan siang diselenggarakan Poster Session dimana ada diskusi dengan pemilik poster.  Ada 11 poster, tapi satupun tidak ada yang berasal dari penulis Indonesia. Apa saja judul posternya?

A.  Kelompok Pendidikan Tenaga Kesehatan.

  1. Thai new Medical graduates confidence in medical and public health competency
  2. Differential Responses of attitudes toward inter-professional health care teams and the education to program for the first and third year undergraduate students.

B. Kelompok Manajemen dan Kepemimpinan

  1. Leadership/Management Capacities of Nursing Professionals at the Policy Level across various state of India
  2. Medical Leadership
  3. Assessment of health system contribution in promoting leadership amongst community health workers in Sri Lanka.
  4. Entangle issues of Nurse Retention : The Absence of Nurse’s Leadership.
  5. District Program Management Units in Rajasthan India: Changing Organization Culture.
  6. The 3rd Eye; using information technology in Human Resource management. A Sri Lankan experience

C. Kebijakan SDM terutama untuk menjamin tenaga kesehatan tetap berada di daerah terpencil.

  1. Retention of health workers to serve population in rural area in extremely important strategy in Lao PDR, but what and how to do?
  2. How policy intervention of human resources development of midwifery contributed to the reduction of maternal mortality in Cambodia.
  3. Retention factors and strategies of rural health care professionals in Sri Lanka.

Isi poster–poster tersebut menunjukkan adanya suatu pengembangan baru yang mengacu pada hubungan antara masalah SDM dalam pelayanan kesehatan dengan system produksinya. Hal  ini ditunjukkan oleh para penulis poster yang sebagian berasal dari isntitusi pendidikan, dan sebagian lain dari lembaga pelayanan kesehatan.

Mengapa tidak ada poster dari Indonesia? Hal ini merupakan pertanyaan menarik. Ada kemungkinan Aliansi ini tidak begitu dikenal di Indonesia walaupun pada pertemuan ke V diselenggarakan di Bali pada tahun 2010.  Kemungkinan lain, tema  yang menggabungkan antara kebutuhan pelayanan kesehatan dengan system pendidikan (produsen tenaga kesehatan) memang belum begitu dipahami pentingnya . Diharapkan pada pertemuan AAAH tahun 2014, akan lebih banyak penyaji dan penulis poster dari Indonesia. (Laksono Trisnantoro).